lesson study
A.
Hal-hal yang
Direncanakan
Yang direncanakan dalam
perencanaan adalah merencanakan perangkat pembelajaran; menentukan guru model;
dan menentukan tempat dan jadual pelaksanaan.
1.
Penyusunan Perangkat
Pembelajaran
a.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1)
Dasar
pertimbangan penyusunan RPP:
§
Kompetensi
dasar yang akan dikembangkan
Kompetensi
dasar diambil dari standar isi kurikulum. Guru hendaknya kreatif mengembangkan
kompetensi dasar menjadi tiga kompetensi (kompetensi akademik, kompetensi
pribadi, dan kompetensi sosial). Kompetensi akademik terkait dengan penguasaan
konsep dan metode keilmuan; kompetensi pribadi menyangkut perkembangan etika
dan moral; dan kompetensi sosial terkait dengan interaksi antar siswa dalam mewujudkan
keserasian pergaulan selama pembelajaran yang kondusif. Kompetensi ini harus
tampak dalam perangkat pembelajaran.
§
Karakteristik
mata pelajaran
Karakteristik
mata pelajaran berbeda-beda. Misalnya, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) merupakan bangunan ilmu yang terdiri atas produk dan proses, sehingga
pembelajaran IPA harus seimbang dengan memperhatikan kedua aspek. Di samping
itu sebagai ilmu yang mengedepankan observasi yang menggunakan hasil pengamatan
panca indera maka perangkat pembelajaran yang dibuat pun hendaknya mampu
menghantarkan siswa mengungkap fenomena alam dan menganalisisnya. Contoh lain,
mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki empat aspek yang harus dikembangkan,
yaitu: aspek berbicara, membaca, menyimak, dan menulis. Keempat aspek ini harus
dapat diakomodir dalam perencanaan pembelajaran.
§
Karakteristik
siswa
Penyusunan
perangkat pembelajaran mempertimbangkan tingkat perkembangan kognitif siswa,
gaya belajar, lingkungan sosial budaya, keterampilan motorik, motivasi belajar,
dan lain-lain.
§
Pemilihan
model pembelajaran
Model pembelajaran yang
direncanakan ditentukan oleh pemilihan materi bahan ajar dan hendaknya model
mampu memposisikan siswa sebagai subyek pembelajaran. Dalam rancangan kegiatan pembelajaran,
guru harus mampu mengantisipasi reaksi siswa atas materi atau pertanyaan yang diajukan guru. Dengan melakukan
antisipasi semacam ini di dalam pikiran, guru akan dapat merespon siswa dengan
jauh lebih baik.
§ Karakteristik lingkungan sekitar
madrasah
Kelompok
lesson study harus jeli
memanfaatkan lingkungan sebagai sumber
belajar. Dari lingkungan siswa dapat belajar dan mendayagunakannya sehingga
pembelajaran bersifat kontekstual yang menumbuhkan motivasi belajar dan
pemahaman yang lebih baik.
§ Alokasi waktu
RPP yang dibuat
harus mempertimbangkan alokasi waktu yang telah ditetapkan sehingga kegiatan
pembelajaran merupakan satu kegiatan utuh yang terdiri atas` pendahuluan, inti,
dan penutup.
2)
Komponen RPP
Komponen
rencana pembelajaran untuk lesson study sama dengan komponen RPP pada
umumnya, yaitu:
§ Identitas Mata Pelajaran
§ Alokasi waktu
§ Standar Kompetensi
§ Kompetensi dasar
§ Indikator Pencapaian Kompetensi
§ Tujuan Pembelajaran
§ Materi ajar
§ Metode Pembelajaran
§ Kegiatan Pembelajaran
§ Penilaian Hasil Belajar
§ Sumber Belajar
b.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
LKS
ini merupakan panduan kegiatan bagi siswa dalam melakukan berbagai kegiatan
baik secara proses dalam rangka perolehan pemahaman yang benar terhadap suatu
konsep atau prosedur kerja. LKS yang sesuai adalah LKS yang memberi kesempatan
kepada siswa untuk berpikir kreatif dan memberikan peluang alternatif pemecahan
masalah (pemecahan masalah model solusi ganda). Agar pembelajaran bersifat
eksploratori, Pelita (2009c) menyarankan agar LKS harus mengandung sedikit
pertanyaan namun memaksa siswa untuk berpikir secara mendalam (h. 25). Dengan
demikian LKS yang dibuat tidak bersifat menuntun, siswa diberikan kebebasan
berpikir dan memecahkan masalah.
c.
Media
Media
pembelajaran yang diperlukan telah dipersiapkan disesuaikan dengan pemilihan
materi pelajaran dan ketersediaan waktu. Diharapkan media yang ditetapkan dapat
mendukung pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif.
d.
Instrumen
Penilaian
Instrumen
evaluasi yang disiapkan berupa instrumen tes dan non tes beserta kriteria
pensekoran dan kunci jawabannya. Instrumen evaluasi IPA harus mampu mengukur
kemampuan semua aspek (kognitif, afektif, dan psikomotorik). (Hidayati, dkk.,
2006: 66-68)
e.
Penentuan Guru Model
Penetapan
guru model tergantung pada waktu perencanaan dan siapa yang merencanakan. Jika
pembahasan RPP dilakukan di awal, maka pemilihan guru kelas dilakukan
sesudahnya. Sebaliknya, jika guru memilih untuk menyelesaikan RPP terlebih
dahulu, maka harus ditetapkan giliran guru yang menjadi guru model.
Cara
mana yang sebaiknya dilakukan? Kedua cara di atas memiliki kelebihan dan
kelemahan. Tabel 3.2 berikut mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan kedua cara
tersebut:
Cara
|
Bagaimana Merencanakan
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
Cara
I
|
Perencanaan
bersama
|
Mudah
untuk saling berkonsultasi
|
Sulit
untuk mengakui hak kepemilikan atas pembelajaran yang telah direncanakan
|
Cara
II
|
Penyusunan
konsep oleh guru model, kemudian didiskusikan dengan guru-guru
|
Hak
kepemilikan atas pembelajaran oleh guru model
|
Belum
tentu tersedia waktu untuk berdiskusi dengan guru-guru
|
Tabel 3.1. Cara Penentuan Guru
Model