Headlines Article :
WELCOME TO MY BLOG SORRY THIS BLOG IS BEING UNDER CONTRUCTION
Home » , » Lesson study

Lesson study

Written By Admin on Minggu, 24 Maret 2013 | 14.07

lesson study

A.  Hal-hal  yang Direncanakan
Yang direncanakan dalam perencanaan adalah merencanakan perangkat pembelajaran; menentukan guru model; dan menentukan tempat dan jadual pelaksanaan.
1.    Penyusunan Perangkat Pembelajaran
a.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1)        Dasar pertimbangan penyusunan RPP:
§   Kompetensi dasar yang akan dikembangkan
Kompetensi dasar diambil dari standar isi kurikulum. Guru hendaknya kreatif mengembangkan kompetensi dasar menjadi tiga kompetensi (kompetensi akademik, kompetensi pribadi, dan kompetensi sosial). Kompetensi akademik terkait dengan penguasaan konsep dan metode keilmuan; kompetensi pribadi menyangkut perkembangan etika dan moral; dan kompetensi sosial terkait dengan interaksi antar siswa dalam mewujudkan keserasian pergaulan selama pembelajaran yang kondusif. Kompetensi ini harus tampak dalam perangkat pembelajaran.

§   Karakteristik mata pelajaran
Karakteristik mata pelajaran berbeda-beda. Misalnya, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan bangunan ilmu yang terdiri atas produk dan proses, sehingga pembelajaran IPA harus seimbang dengan memperhatikan kedua aspek. Di samping itu sebagai ilmu yang mengedepankan observasi yang menggunakan hasil pengamatan panca indera maka perangkat pembelajaran yang dibuat pun hendaknya mampu menghantarkan siswa mengungkap fenomena alam dan menganalisisnya. Contoh lain, mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki empat aspek yang harus dikembangkan, yaitu: aspek berbicara, membaca, menyimak, dan menulis. Keempat aspek ini harus dapat diakomodir dalam perencanaan pembelajaran.
§   Karakteristik siswa
Penyusunan perangkat pembelajaran mempertimbangkan tingkat perkembangan kognitif siswa, gaya belajar, lingkungan sosial budaya, keterampilan motorik, motivasi belajar, dan lain-lain.

§   Pemilihan model pembelajaran
Model pembelajaran yang direncanakan ditentukan oleh pemilihan materi bahan ajar dan hendaknya model mampu memposisikan siswa sebagai subyek pembelajaran. Dalam rancangan kegiatan pembelajaran, guru harus mampu mengantisipasi reaksi siswa atas materi atau pertanyaan  yang diajukan guru. Dengan melakukan antisipasi semacam ini di dalam pikiran, guru akan dapat merespon siswa dengan jauh lebih baik.

§   Karakteristik lingkungan sekitar madrasah
Kelompok lesson study  harus jeli memanfaatkan lingkungan sebagai   sumber belajar. Dari lingkungan siswa dapat belajar dan mendayagunakannya sehingga pembelajaran bersifat kontekstual yang menumbuhkan motivasi belajar dan pemahaman yang lebih baik.

§  Alokasi waktu
RPP yang dibuat harus mempertimbangkan alokasi waktu yang telah ditetapkan sehingga kegiatan pembelajaran merupakan satu kegiatan utuh yang terdiri atas` pendahuluan, inti, dan penutup.
2)        Komponen RPP
Komponen rencana pembelajaran untuk lesson study sama dengan komponen RPP pada umumnya, yaitu:
§  Identitas Mata Pelajaran
§  Alokasi waktu
§  Standar Kompetensi
§  Kompetensi dasar
§  Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Tujuan Pembelajaran
§  Materi ajar
§  Metode Pembelajaran
§  Kegiatan Pembelajaran
§  Penilaian Hasil Belajar
§  Sumber Belajar

b.        Lembar Kerja Siswa (LKS)
LKS ini merupakan panduan kegiatan bagi siswa dalam melakukan berbagai kegiatan baik secara proses dalam rangka perolehan pemahaman yang benar terhadap suatu konsep atau prosedur kerja. LKS yang sesuai adalah LKS yang memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir kreatif dan memberikan peluang alternatif pemecahan masalah (pemecahan masalah model solusi ganda). Agar pembelajaran bersifat eksploratori, Pelita (2009c) menyarankan agar LKS harus mengandung sedikit pertanyaan namun memaksa siswa untuk berpikir secara mendalam (h. 25). Dengan demikian LKS yang dibuat tidak bersifat menuntun, siswa diberikan kebebasan berpikir dan memecahkan masalah.

c.         Media
Media pembelajaran yang diperlukan telah dipersiapkan disesuaikan dengan pemilihan materi pelajaran dan ketersediaan waktu. Diharapkan media yang ditetapkan dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif.

d.        Instrumen  Penilaian
Instrumen evaluasi yang disiapkan berupa instrumen tes dan non tes beserta kriteria pensekoran dan kunci jawabannya. Instrumen evaluasi IPA harus mampu mengukur kemampuan semua aspek (kognitif, afektif, dan psikomotorik). (Hidayati, dkk., 2006: 66-68)

e.         Penentuan Guru Model
Penetapan guru model tergantung pada waktu perencanaan dan siapa yang merencanakan. Jika pembahasan RPP dilakukan di awal, maka pemilihan guru kelas dilakukan sesudahnya. Sebaliknya, jika guru memilih untuk menyelesaikan RPP terlebih dahulu, maka harus ditetapkan giliran guru yang menjadi guru model.
Cara mana yang sebaiknya dilakukan? Kedua cara di atas memiliki kelebihan dan kelemahan. Tabel 3.2 berikut mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan kedua cara tersebut:
Cara
Bagaimana Merencanakan
Kelebihan
Kelemahan
Cara I
Perencanaan bersama
Mudah untuk saling berkonsultasi
Sulit untuk mengakui hak kepemilikan atas pembelajaran yang telah direncanakan
Cara II
Penyusunan konsep oleh guru model, kemudian didiskusikan dengan guru-guru
Hak kepemilikan atas pembelajaran oleh guru model
Belum tentu tersedia waktu untuk berdiskusi dengan guru-guru
Tabel 3.1. Cara Penentuan Guru Model  

Share this article :

BLOGGER INDONESIA

 
Support : Bocah 1922 | Template By | Bocah 1922
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Go Blog - All Rights Reserved
Published by Bocah 1922